Trik Mencermati Kebocoran Rumah di Musim Hujan

Faktor yang menyebabkan kebocoran pada rumah saat musim hujan datang bisa terjadi di berbagai elemen bangunan. Biar keadaan fisik bangunan rumah selalu prima, mensiasatinya ialah dengan melakukan pemeriksaan, khususnya pada bagian rumah yang rentan sekali pada air hujan. Bagaimana cara mencermati kebocoran rumah di musim hujan?

Atap rumah merupakan salah satu elemen paling penting. Pasalnya atap adalah pelindung untuk seluruh isi rumah. Bila sesuatu menimpa pada atap, alhasil itu akan merupakan isyarat tidak baik untuk isi rumah. Makanya, cermatilah keadaan atap rumah Anda secara baik.

Sudut Atap

Langkah awal yang bisa dilakukan ialah dengan pengecekan talang, jurai, dan sudut atap. Pastikanlah keadaan elemen-elemen itu dalam keadaan baik. Bukan lantaran cahaya matahari maupun suhu dingin pada malam hari, malahan hembusan angin juga bisa menimbulkan celah pada atap. Hal ini akan mempengaruhi sekali ketahanan atap.

Terlebih bila atap rumah Anda berdampingan dengan pohon, duan-daunan yang rontok pun dapat menyumbat talang atap membuat peredaran air hujan tidak mengalir dengan lancar. Demiian juga dengan debu. Walaupun partikel debu amat kecil, tetapi bila telah bertahun-tahun, tentunya akan membentuk endapan pada talang.

Kemiringan Atap

Perhatikan kemiringan atap. Kemiringan atap harus memiliki sudut kemiringan sedikitnya 5 derajat. Jika kurang dari itu alhasil air tidak akan bisa mengalir dengan lancar dan potensi kebocorannya juga besar sekali.

Selain itu cermati juga lapisan atap. Terdapat 2 macam lapisan yang kerap dipakai, yaitu aluminium foil dan karet. Cek lapisan yang dibuat dari karet karena umumnya bahan itu mempunyai usia pemakaian tertentu agar jangan mengeras, cepat retak dan menyebabkan kebocoran.

Kepadatan Dinding

Menjaga kepadatan dinding merupakan hal penting karena musim hujan selalu datang, khususnya dinding di bagian luar dan langsung tertimpa air hujan. Cermati juga bahan catnya.

Sebaiknya, bahan cat untuk dinding luar dianjurkan yang memiliki sifat weather coat. Pasalnya, cat biasa tak akan tahan dengan cuaca hujan. Disamping jamuran, dinding akan terkelupas atau melepuh dan lembab.

Drainase Air

Anda harus melakukan pengaturan sirkulasi pada pipa pembuangan air hujan. Genangan air jangan sampai menyebabkan kebocoran dikarenakan adanya resapan air yang berlebihan. Perhatikan juga sampah pepohonan, saluran air yang tersumbat bisa disebabkan oleh daun-daun yang jatuh dan menimbulkan kebocoran pada atap.

Apabila mempunyai pepohonan yang menutupi atap rumah sebaiknya ditebang pada beberapa bagian dahannya. Pasalnya bila terlampau lebat maka pohon itu akan merusak rumah Anda, khususnya bila angin kencang datang menimpa pohon.

Dengan mencermati kebocoran rumah di musim hujan dan mengetahui solusinya alhasil Anda tidak usah khawatir menghadapi musim hujan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *