Gejala Jika Terinfeksi Flu Singapura

Rentan Menyerang Anak-anak, Yuk Kenali Apa Itu Flu Singapura!

Hand, foot and mouth disease atau flu singapura, sama seperti penyakit umumnya yang memiliki gejala. Gejala pada orang yang terkena flu singapura biasanya termasuk demam, sariawan, dan ruam pada kulit. Hand, foot and mouth disease atau flu singapura sering terjadi pada bayi dan anak-anak di bawah lima tahun. Sebagian besar anak memiliki gejala ringan selama 7 hingga 10 hari. Gejala flu singapura meliputi:

  1. Demam dan gejala mirip flu

Anak-anak sering mengalami demam dan gejala mirip flu lainnya tiga hingga enam hari setelah mereka terserang virus. Gejala mungkin termasuk:

  • Demam
  • Makan atau minum lebih sedikit
  • Sakit tenggorokan
  • Tidak enak badan

Gejala lain dapat muncul dalam beberapa hari ke depan.

1. Luka dibagian mulut

Satu atau dua hari setelah demam dimulai, mungkin akan muncul luka pada mulut anak yang menimbulkan rasa sakit (herpangina). Luka-luka ini biasanya mulai sebagai bintik-bintik merah kecil, sering terletak di belakang mulut, seperti luka yang melepuh dan bisa terasa sakit sehingga anak kesulitan untuk makan dan minum. Tanda-tanda bahwa anak kalian kesulitan menelan makanan atau minumannya:

  • Tidak makan atau minum
  • Mengiler lebih dari biasanya
  • Hanya ingin minum air dingin

2. Ruam kulit

Anak kalian mungkin akan mengalami ruam pada kulit pada telapak tangan dan telapak kaki. Ini mungkin juga muncul pada lutut, siku, bokong, atau area genital. Ruam biasanya terlihat seperti bintik-bintik merah dan tidak menonjol, kadang-kadang disertai seperti melepuh. Cairan dalam blister dan keropeng yang terbentuk saat blister sembuh mungkin mengandung virus yang menyebabkan hand, foot and mouth disease, Jaga lecet atau keropeng bersih dan hindari untuk menyentuhnya.

Kunjungi penyedia layanan kesehatan jika:

  • Anak kalian tidak minum cukup untuk tetap terhidrasi
  • Gejala tidak membaik setelah 10 hari
  • Anak kaian memiliki sistem kekebalan yang melemah atau jika gejalanya parah
  • Anak kalian masih sangat kecil, terutama di bawah 6 bulan

Penyedia layanan kesehatan biasanya dapat mengetahui apakah seseorang memiliki penyakit flu singapura dengan memeriksa pasien dan mempertimbangkan

  • Berapa usia pasien
  • Gejala apa yang diderita pasien
  • Bagaimana luka ruam dan mulut terlihat

Seorang profesional kesehatan kadang-kadang dapat mengumpulkan sampel dari tenggorokan, luka pada kulit, atau feses (kotoran) pasien, kemudian mengirimkannya ke laboratorium untuk menguji virus. Kebanyakan orang yang terinfeksi flu singapura membaik dengan sendirinya dalam 7 hingga 10 hari. Tidak ada perawatan medis khusus untuk penyakit flu singapura ini.

Kalian dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi gejala dan mencegah dehidrasi saat kalian atau anak kaian terinfeksi flu singapura.

  1. Obati gejala dan cegah dehidrasi
  2. Minumlah obat bebas untuk meredakan demam dan nyeri yang disebabkan oleh sariawan, seperti ibuprofen. Jangan pernah memberikan aspirin kepada anak-anak.
  3. Minumlah banyak air putih. Luka mulut bisa membuat penderita sulit makan atau minum karena memang akan terasa sakit, jadi anak kalian mungkin tidak ingin minum terlalu banyak. Pastikan mereka minum cukup agar tetap terhidrasi.

Setelah mengetahui hal penting diatas mengenai flu singapura, di harapkan kalian tidak perlu khawatir lagi dan tidak panic. Jika kalian atau seseorang disekitar kalian terkena flu singapura, kalian bisa langsung mengetahuinya setelah membaca gejala flu singapura di atas tadi dan melakukan cara pengobatan yang sudah kami berikan diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *