Apa Itu Batu Ginjal? Yuk, Kita Cari Tahu

10 Gejala Kanker Ginjal yang Jarang Disadari Orang Awam, Harus Waspada

Batu ginjal merupakan endapan keras yang terbentuk dari zat yang ada di air kencing. Proses endapan keras ini sendiri disebut dengan istilah Nephrolithiasis. Selain itu, penyakit batu ginjal atau kencing batu ini biasanya berukuran sangat kecil yang hanya mencapai sekitar beberapa inci saja. Sedangkan ukuran batu yang lebih besar yang mengisi saluran yang membawa air seni dari ginjal ke kandung kemih disebut batu staghorn.

Gejala Batu Ginjal

Gejala penyakit batu ginjal yang biasanya sering terjadi adalah sakit luar biasa (urinary colic) yang datang dan pergi, dan biasanya bergerak dari bagian samping belakang (flank) ke bagian bawah perut (abdoment). Gejala batu ginjal ini diantaranya adalah :

– Sakit pinggang, paha, selangkangan, dan kemaluan

– Darah dalam urin

– Mual serta muntah-muntah

Apabila batu ginjal atau kencing batu ini disebabkan oleh batu kristal di ginjal menimbulkan infeksi, maka anda harus segera periksakan ke dokter. Gejala kencing batu lainnya adalah bisa berupa meriang, berkeringat, demam, dan buang air kecil yang intens, mendesak, dan terasa sakit. Sebenarnya masih banyak gejala-gejala batu ginjal lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatunya disini. Nah, jika anda memiliki masalah dengan salah gejalanya, maka anda segera konsultasi dengan dokter.

Pengobatan Batu Ginjal Secara Alami

  1. Minum Air Lemon

Cara pengobatan batu ginjal secara alami yang pertama adalah dengan minum air lemon.

Anda bisa menambahkan lemon segar di dalam air untuk anda minum setiap harinya. Karena pada lemon terkandung sitrat yang merupakan bahan kimia guna mencegah pembentukan batu kalsium di dalam tubuh. Selain itu, sitrat juga bisa memecah batu-batu kecil, sehingga memungkinkan batu tersebut untuk melewati ginjal dengan lebih mudah.

  1. Cuka Apel

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan cuka apel. Sama dengan lemon, cuka apel ini juga mengandung asam sitrat yang membantu melarutkan batu ginjal. Selain itu, cuka apel ini juga bisa meningkatkan asam pada lambung guna mencegah pembentukan batu baru. Bukan hanya itu, cuka apel juga bisa meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh adanya batu dalam saluran kemih. Dalam hal ini, sebaiknya anda jangan mengkonsumsi lebih dari satu gelas 8 ons air campur cuka apel setiap hari. Karena jika tertelan dengan jumlah yang cukup besar, cuka apel ini bisa menyebabkan kadar kalium dan osteoporosis rendah. Bagi penderita diabetes harus berhati-hati saat minum campuran ini. Pantau selalu kadar gula darah anda dengan hati-hati sepanjang hari.

Pengobatan Batu Ginjal Menggunakan ESWL

Batu ginjal atau kencing batu yang tidak bisa diobati dengan tindakan konservatif (banyak minum air putih, air lemon, dan cuka apel) biasanya karena batu tersebut terlalu besar dan menyebabkan pendarahan, kerusakan ginjal atau infeksi saluran kemih. Untuk mengatasi hal tersebut, pengobatan batu ginjal kronis ini bisa dilakukan dengan menggunakan gelombang suara guna memecah batu. Untuk batu ginjal tertentu (tergantung pada ukuran dan lokasi) dokter juga bisa merekomendasikan prosedur yang disebut extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL).  

Dimana ESWL ini menggunakan gelombang suara untuk menciptakan getaran yang kuat (gelombang kejut) yang bisa memecah batu menjadi potongan-potongan kecil sehingga bisa dilewatkan dalam urin anda. Prosedur ini memakan waktu sekitar 45-60 menit dan bisa menyebabkan rasa sakit sedang, sehingga anda mungkin berada di bawah pengaruh obat penenang atau anestesi ringan supaya membuat anda merasa lebih nyaman.

Metode ESWL bisa menyebabkan darah di urine, memar di punggung atau perut, perdarahan di sekitar ginjal dan organ lain yang berdekatan, serta ketidaknyamanan saat fragmen batu melewati saluran kemih.

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang batu ginjal semoga ada guna dan manfaatnya bagi anda semua. Khususnya bagi anda yang menderita batu ginjal. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *