5 Tip Menghindari Keputihan Dengan Mudah!

Sumber: Sehatq.com

Berbicara mengenai kesehatan wanita, salah satu hal yang sering dialami oleh para wanita adalah keputihan. Apa, sih, keputihan itu sebenarnya? Sebenarnya keputihan itu adalah reaksi normal pada tubuh perempuan untuk membersihkan organ kewanitaan, menyingkirkan serta mengeluarkan berbagai sel mati dan bakteri yang ada di dalam organ wanita. 

Beberapa wanita tampak tidak acuh terhadap hal tersebut. Padahal penyakit itu bisa saja berbahaya jika tidak segera ditangani. Sebagian lainnya mungkin tidak tahu mengenai penyakit ini. Untuk itu, ada baiknya bagi para wanita untuk lebih sedikit peduli terhadap bagian organ intim.

Terkadang  keputihan juga bisa  menyebabkan gatal dan bau tak sedap. Yang seperti itu jelas membuat seseorang tidak nyaman dan merasa terganggu. Bahkan tidak hanya perempuan yang menderita, tapi bisa juga ke suaminya. Ada beberapa kasus, rasa gatal itu bisa menular ke suami saat melakukan hubungan suami istri.

Jadi, kalau saat ini ada yang keputihan disertai gatal dan bau tak sedap, baiknya segera diatasi. Karena itu bisa juga sebagai gejala penyakit. Nah, berikut ini adalah lima cara mengatasi keputihan dengan mudah.

1. Menjaga Miss V Agar Tidak Kering dan Lembap

Untuk menghindari keputihan jaga agar vagina tetap kering dapat juga dilakukan dengan cara menggunakan celana longgar. Jangan terlalu sering menggunakan stoking juga bisa menjadi solusi.

Kenakan celana dalam berbahan katun, bukan sintetis. Hal ini dikarenakan celana dalam jenis tersebut membuat  udara lebih banyak ke arah vagina dan mencegahnya lembap. Selain itu saat malam hari, Anda bisa melepaskan celana dalam saat tidur. Lalu, saat Anda ingin membasuh Miss V, basuhlah kemaluan dari arah depan ke belakang. Jangan sebaliknya. 

2. Gunakan air rebusan daun sirih untuk membersihkan Vagina

Bisa dikatakan bahwa organ intim wanita memiliki kelebihan yaitu dapat membersihkan diri sendiri. Tidak sedikit yang mencoba untuk menggunakan cairan pembersih vagina. Akibatnya bisa merusak keseimbangan alami bakteri dan jamur.  Jika Anda ingin membersihkan organ kewanitaan, sebaiknya menggunakan air hangat dan sabun tapi tidak beraroma kuat. Lebih baik lagi jika hanya menggunakan air saja.

Hindari penggunaan parfum dan bedak pada vagina. Hal itu ternyata bisa  merusak keseimbangan bakteri dan jamur baik dalam organ tersebut. Nah, untuk menghindari keputihan sebaiknya basuh vagina dengan menggunakan air rebusan daun sirih.

3. Jangan gunakan pelembut atau pewangi untuk mencuci pakaian dalam

Hindari penggunaan pelembut atau detergen yang beraroma kuat saat mencuci celana dalam, karena bakteri penyebab keputihan menyukai aromanya. Jangan gunakan pembalut beraroma/berparfum. Tisu toilet beraroma. Hindari terlalu sering berendam dalam air panas. Mencuci pakaian dalam dengan air hangat dan mengganti pembalut secara teratur juga bisa mencegah keputihan.

4. Konsumsi makanan sehat dengan nutrisi seimbang

Konsumsi makanan bergizi memang merupakan hal yang harus dijalankan, selain menjadikan tubuh sehat dan bugar ternyata bisa mengurangi penyebab keputihan. Jangan lupa untuk konsumsi yoghurt atau suplemen yang mengandung lactobacillus.

5. Konsumsi rebusan air daun sirih.

Satu hal yang perlu kita lakukan adalah mengonsumsi rebusan air daun sirih agar terhindar dari keputihan. Cara membuat air rebusan daun sirih sangat mudah, cukup ambil tujuh lembar daun sirih lalu rebus dengan satu liter air. Tunggu selama 5 menit lalu angkat Tunggu dingin dan siap dikonsumsi. Air rebusan Daun sirih ini selain bisa diminum juga bisa di buat untuk membasuh vagina.

Nah, mudah bukan untuk menghindari keputihan. Cukup jaga kebersihan dan konsumsi makanan yang bergizi tak lupa juga konsumsi rebusan air daun sirih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *